SELAMAT DATANG SEMOGA DAPAT MENAMBAH PENGETAHUAN ANDA

Rabu, 26 September 2012

The Danger Hand


The Danger Hand
Oleh : Bert Toar Polii

Dalam permainan notrump, kita sering dihadapkan pada kondisi dimana ada salah satu lawan yang menjadi tangan yang berbahaya. Mengapa? Karena lawan tersebut memilki beberapa kartu tinggi yang kalau bisa dimainkan akan mengakibatkan kontrak yang dicapai terancam gugur. Salah satu contoh sederhana “
                        Utara
                        S 65
Barat                                       Timur
SKQJ109                               S 874
                        Selatan
                        S A32
Anda bermain pada kontrak NT dan lawan lead SK. Tentu saja anda biarkan lawan menang pada dua trik pertama dan pada trik ketiga anda menang dengan SA. Pada kasus ini Barat menjadi “danger hand” karena   memiliki 2 kartu spade yang sudah tinggi. Sebaliknya timur bukan tangan yang berbahaya. Persoalan yang muncul bagaimana anda mengetahui siapa yang pegangan 2 trik spade yang tersisa. Sebab, bisa saja kombinasi pegagan barat-timur menjadi SKQJ dan 109874. Dalam situasi ini malah timur yang menjadi “danger hand” bukan barat.
Memang agak sulit menentukan mana tangan berbahaya jika tidak ada informasi dari jalannya penawaran. Tapi, dalam permainan notrump, cenderung akan lead dari warna panjang.
Pada contoh berikut sedikit lebih sulit.
                        Utara
                        S 65
Barat                                       Timur
SAQ932                                 S 108
                        Selatan
                        S KJ6
Kembali anda bermain pada kontrak NT dan barat lead S3 yang menunjukan pegang panjang di spade. Di dummy anda main S5 dan timur main S10 yang anda menangkan dengan SJ. Apa data yang anda dapat dari  permainan awal ini?. Anda tahu barat pegangan spade panjang karena lead angka 3 sedangkan timur main angka 10 (paling tinggi sesuai aturan “third hand high”).  Kesimpulan yang bisa anda ambil berdasarkan data  yang terkumpul, barat pegang SAQxx(x). Sekarang siapa yang menjadi tangan yang berbahaya? Kalau pada contoh pertama adalah barat karena pegang spade panjang maka pada contoh kedua yang menjadi tangan berbahaya bukan barat tapi timur. Mengapa? Karena jika timur mendapat trik, SK6 dari anda  akan dijepit yang membuat barat mendapat 4 trik yang tersisa.
Kalau kita definisikan, kira-kira “The Danger Hand” adalah tangan dimana jika mendapat trik akan membahayakan declarer dalam dua hal, pertama akan mengambil kartu tinggi ditangannya dan kedua jika mendapat  kesempatan lead  akan membahayakan declarer karena honor declarer akan terjepit.
                        Utara
                        S 6
Barat                                       Timur
SAQ92                                   S 8
                        Selatan
                        S K6
Coba berikan kesempatan kepada timur, ia akan main S8 dan declarer tidak berdaya untuk membendung barat mendapat 4 trik spade.
Mari kita lihat contoh dalam permainan
1/U/-                            S 75            
                                    H AQJ
                                    D AQJ104
                                    C 987
S KJ864                                                         S Q109
H 9852                                                           H 10643
D 53                                                                D K76
C K6                                                               C 543
                                    S A32
                                    H K7
                                    D 982
                                    C AQJ102

Barat               Utara              Timur              Selatan
                        1D                   Pass               2C
Pass               2D                   Pass               3NT
//

Kontrak 3NT dan barat lead S6 dan sebagai declarer anda hold-up dua kali spade dan baru menang dengan SA pada trick ketiga dimana di dummy anda buang C7. Selanjutnya anda tahu, barat pegang 2 kartu spade yang sudah tinggi (ingat dalam kontrak NT lawan umumnya memilih lead dari warna panjang). Trik yang sudah anda miliki baru 1 trik spade, 3 trik heart, 1 trik diamond dan 1 trik club baru ada 6 trik dan masih butuh beberapa trik lagi untuk memenuhi kontrak. Ada dua warna yang bisa dibebaskan untuk mendapat 3 atau 4 trik tambahan, yaitu diamond dan club, pilih yang mana?
Kalau anda memilih bebaskan diamond, anda langsung main D9 dan dimeja main D4 dan seterusnya. Kalau DK tidak berhasil kena potong berarti timur yang menang. Sebaliknya kalau bebaskan club, anda harus menyeberang ke dummy dengan heart kemudian main C9 dan kalau gagal berarti barat yang menang.
Untuk menentukan warna mana yang akan dibebaskan maka ingat dimana “the danger hand”. Karena barat lead S6 maka kemungkinan besar spade yang tinggi berada di barat jadi warna yang harus dibebaskan adalah diamond. Karena kalau timur yang menang ia tidak memiliki spade lagi (kecuali spade terbagi 4-4 dan itu tidak berbahaya kontrak tetap aman).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar