SELAMAT DATANG SEMOGA DAPAT MENAMBAH PENGETAHUAN ANDA

Rabu, 26 September 2012

Bermain Bridge Untuk Pemula





PENDAHULUAN
Bridge


Bridge adalah jenis permainan kartu yang dimainkan oleh 4 orang dan dimainkan secara berpasangan. Tujuan dari permainan ini adalah memenangkan sebanyak-banyaknya trick.

  1. Jumlah Pemain.
    Permainan bridge dimainkan secara berpasangan dan dilakukan oleh empat orang, dimana sepasang pemain lainnya merupakan lawan tanding. Lima atau enam orang dapat berpartisipasi di meja bridge yang sama tetapi hanya empat orang yang bermain dalam satu ronde atau sesion.

  2.  Jenis Kartu
    Dalam permainan bridge kartu yang digunakan adalah kartu remi satu set kartu (tanpa joker) yang berjumlah 52 lembar. Kita ketahui bahwa setiap warna kartu remi 13 kartu, jadi bisa kita simpulkan bahwa dalam setiap pemain memegang 13 kartu, karena 13 x4 = 52 kartu. Bisa kita lihat urutan kartu A, K, Q, J, 10, 9, 8, 7, 6, 5,4, 3, 2.
  3.  Patner


    Bermain bridge dilakukan bersama dengan seorang mitra atau partner. Partner adalah pemain yang duduk berhadapan dengan anda. Anda dan partner merupakan suatu pasangan bermain. Trik menang diletakan secara tegak lurus diatas meja, sedangkan trik kalah diletakan secara mendatar.
     
  4. Arah Meja. Di meja bridge, keempat pemain bridge  akan disebut sebagai pemain Utara (U), Timur (T), Selatan (S) dan Barat (T). Pemain yang duduk disebelah Utara bermitra atau berpasangan dengan pemain yang duduk di arah Selatan, sedangkan pemain pemain Timur berpasangan dengan pemain Barat. 
  5. Membagi Kartu
    Sebelum kartu dibagikan, terlebih dahulu dikocok dan kemudian seorang pemain (dealer) akan membagikan kartu satu demi satu kepada setiap pemain secara berputurar searah jarum jam. Pemain tidak boleh mengambil atau menyentuh kartu hingga pembagian kartu selesai. Jika kartu telah selesai dibagikan, setiap pemain dapat mengambil ke 13 kartunya sendiri kemudian menyusun sesuai dengan urutan yang benar.
  6.  Menyusun Kartu,ke 13 kartu yang telah anda miliki, disusun sesuai dengan warna dan urutan yang benar dan jangan menyusun dua warna merah atau dua warna hitam secara bersebelahan tetapi disusun terpisah seperti waru(spade)-hati(heart)-wajik(diamond)-keriting(club).
  7. Nilai Kartu Tinggi (High Card Point atau HCP)
    Kartu-kartu berikut, dalam permainan bridge mempunyai nilai khusus yaitu: Ace = 4 point, King = 3 point, Queen = 2 point dan Jack = 1 point sedangkan kartu 10 hingga 2 tidak memiliki HCP. Jadi total point adalah 10 x 4 warna = 40 point.

    Istilah-istilah
     1. Declarer      : orang yang mengontrol kartu/pemegang kontrak
    2. Dummy        : orang yang membuka kartu setelah opening lead
    3. Lead            : kartu pertama yang dibuka
    4. Opener        : orang yang pertama melakukan penawaran
    5. Responder   : orang yang merespon opener
    6. Overcall       : orang tangan ke 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar