SELAMAT DATANG SEMOGA DAPAT MENAMBAH PENGETAHUAN ANDA

Rabu, 26 September 2012

JANGAN PANDANG ENTENG TRIK PERTAMA


JANGAN PANDANG ENTENG TRIK PERTAMA
Oleh : Bert Toar Polii

Terlalu sering kita melihat seorang pemain yang terburu-buru memainkan kartu pada trik pertama. Malah ada pemain yang telah memerintahkan dummy untuk mengambil kartu tertentu sementara kartu dummy belum terbuka semuanya. Cara bermain seperti diatas sering berakibat fatal. Kenapa? Karena banyak permainan yang hasil akhirnya ditentukan pada trik pertama. Beberapa contoh:

S A Q 8 5
H Q 5 2
D A Q
C J 9 5 3
S J 7 3 2                              S K 10 9
H K 8 7 6 4                          H 10 9 3
D 9 7 4                                D 8 5 3 2
C 6                                      C A 7 2
S 6 4
H A J
D K J 10 6
C K Q 10 8 4

Barat          Utara           Timur           Selatan
                                                         1D
Pass            1S               Pass            2C
Pass            2H               Pass           3NT
Pass            4C               Pass            4H
Pass           4S               Pass           5C
//


Kontrak 5C oleh Selatan dan Barat lead S2. Tanpa berpikir panjang, declarer potong Spade. Timur menang SK serang H10 yang membuat declarer kembali melakukan tema potong yang ternyata gagal. Kontrak 5C akhirnya mati 1 karena declarer masih kalah 1 trik di trump.
 Hasil yang diperoleh declarer yang mau meluangkan waktu sebentar untuk berpikir tentu saja akan jauh berbeda. Salah satu cara yang bisa diterapkan declarer pada trik pertama adalah STOP seperti dianjurkan Zia Mahmood dalam bukunya Breakthrough Bridge Declarer Play for Beginners.
     =   Stop to consider your goal/ Stop ambil waktu untuk berpikir
     =   Tally your winners/ Tentukan trik dan loser Anda
   =   Organise your plan/ Olah rencana Anda
    =   Put your plan into operation/Pusatkan pikiran untuk mensukseskan rencana Anda.
 Mari kita lihat bagaimana hasil yang anda peroleh jika menerapkan anjuran diatas. Pada permainan trump, cenderung pemain akan menghitung loser sedangkan pada permainan notrump biasanya pemain menghitung trik.
Pada papan ini, ada kemungkinan 2 loser, ada 1 loser di Spade, tidak ada loser di Heart karena bisa dibuang dari Diamond dan 1 lagi di trump.
Berdasarkan perhitungan di atas maka tentu saja harus ditetapkan rencana main, yaitu kita harus ambil SA agar lawan tidak mendapat kesempatan serang Heart. Selanjutnya main trump biarkan CA menang. Misalnya Timur langsung menang CA kemudian serang Heart ambil dengan HA. Menang HA, cabut trump dilanjutkan dengan discard HQ5 yang tersisa dari diamond ditutup dengan ruff HJ dan kontrak 5C bikin. Tidak terlalu sulit bukan?
S A Q 3
H Q J 10 8 3
D K J 10
C 6 4
S 8 7 6                                S K 9 4 2
H 7 5 4 2                             H A 6
D 7 4                                   D 6 5 3 2
C A K 9 3                            C 8 7 5
S J 10 5
H K 9
D A Q 9 8
C Q J 10 2

Barat          Utara           Timur           Selatan
                                                         1C
Pass            1H               Pass            1NT
Pass            3NT              //

Barat lead S8. Kembali declarer kita yang terburu-buru tanpa merasa bersalah dengan tenang main S3. Timur menang SK serang C8, C10, CK yang dilanjutkan timur dengan cantik ia main C3,C6, C7 dan CJ. Declarer kemudian bebaskan heart yang langsung diambil dengan HA dilanjutkan serangan yang mematikan C5 menjepit CQ2 dari declarer yang mengakibatkan kontrak 3NT mati 1.
Mari kita lihat bedanya dengan declarer yang mau meluangkan waktu sebentar. Sudah ada 5 trik pasti, 4 trik Diamond, 1 trik Spade dan 4 trik Heart setelah lawan menang HA. Berdasarkan perhitungan ini, declarer langsung ambil SA dan bebaskan Heart. Menang HA, Timur tidak bisa berbuat apa-apa untuk mendapatkan lima trik. Serang Spade atau Club hanya membuat declarer mendapatkan 1 trik extra.

S K 7
H Q J 9 3 2
D A Q 10 2
C J 10
S Q J 10 9 4                              S A 8 6 3
H 6                                           H 8 4
D 9 7 4                                      D K J 8
C 8 6 5 2                                   C 9 7 4 3
S 5 2
H A K 10 7 5
D 6 5 3
C A K Q

Kontrak 4H oleh Selatan dan Barat lead SQ. Kembali, pemain yang terburu-buru akan main SK yang memang kelihatannya normal. Tapi, akibatnya akan sangat fatal karena Timur akan menang SA kemudian serang Spade lagi untuk memberikan kesempatan Barat mengeluarkan jurus mematikan serang Diamond. Kontrak 4H tidak bisa diselamatkan lagi, kalah 2 trik Spade dan 2 trik Diamond.

Padahal kontrak ini seharusnya selalu bikin asal declarer pada trik pertama bermain Spade kecil. Barat bak makan buah simalakama karena ia tidak bisa menyerang sekaligus dua warna Spade dan Diamond. Jika ia serang Spade, Timur menang Ace terpaksa bermain aman dengan serang trump atau Club. Declarer kemudian cabut trump mainkan semua Club dan endplay Timur dengan main Diamond ke 10. Sebaliknya kalau Barat serang Diamond, declarer menang DA, cabut trump dan discard loser Spade dari Club sehingga hanya kalah 1 trik Spade dan 2 trik Diamond.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar